cover
Contact Name
Jean Richard Jokhu
Contact Email
jean.richard@president.ac.id
Phone
+628111908010
Journal Mail Official
jean.richard@president.ac.id
Editorial Address
perum prima harapan regensi blok b 5 no 9 bekasi utara
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
lentera jurnal manajemen
Published by Lentera Ilmu Madani
ISSN : -     EISSN : 2988540x     DOI : -
The following is a list of research topics of interest to LJM readers: Marketing Management Family Digital Marketing Consumer Behavior Financial Management Behavioral Finance Sustainable Economy Human Resource Management Strategic Management Enterprise and Social Innovation Entrepreneurship Management
Articles 42 Documents
PENTINGNYA DANA DAN REKENING PENSIUN BAGi PEGAWAI Pandu Adi Cakranegara
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pensiun atau purna tugas merupakan suatu langkah yang dilalui setiap individu untuk bekerja di suatu perusahaan atau institusi, dan pensiun dapat menjadi pengalaman baru dalam tahapan kehidupan. Aspek kehidupan lebih mudah bagi semua orang. Kebutuhan akan informasi menjadi salah satu aspek terpenting dalam setiap aspek kehidupan bagi pensiunan. Artikel ini mencoba menjelaskan dan merekonsiliasi informasi terkait pentingnya peran dana pensiun dan rekening pensiun. Ada hubungan antara deskripsi kebutuhan informasi dan tahap perilaku pencarian informasi. Oleh karena itu, penelitian ini menemukan bahwa deskripsi kebutuhan informasi pensiunan terlihat dari keputusan dan pidato yang diterima di bidang ini.
PENDEKATAN TEORI MASLOW PADA SEKTOR USAHA KECIL PASCA COVID-19 DI INDONESIA Dedi Rianto Rahadi
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha kecil pada masa COVID-19 itu sendiri dapat dikatakan terkena efek atau dampak atas fenomena pandemi yang terjadi. Hal tersebut diperkuat lagi dengan kebijakan ekstra standar kesehatan serta kebijakan jaga jarak dalam lingkungan sosial. Seperti aturan scan barcode, larangan berkerumun, dan aturan menggunakan masker. Pencarian data dari penelitian yang telah ada, survei atas satu pertanyaan, informasi yang bersumber dari data sekunder, serta penelitian dari sumber daya yang ada digunakan untuk kebutuhan terkait motivasi bisnis pasca-COVID-19. Dari wabah COVID-19 yang terjadi, maka para pelaku bisnis perlu untuk peka akan dampak yang terjadi terhadap lingkungan fisik serta kebutuhan setiap pelanggan yang ada. Poin yang perlu diperhatikan adalah bahwa suatu bisnis tidak hanya berkaitan dengan angka dan daftar yang harus dilakukan, melainkan juga berkaitan dengan hubungan dan dampak terhadap orang lain.
PERLINDUNGAN BAGI PEKERJA DAN ORGANISASI MELALUI PEMBERIAN KOMPENSASI & TUNJANGAN PASCA COVID-19 DI INDONESIA M. Mifta Farid
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa perusahaan di berbagai sektor industri tentu mendapatkan dampak yang besar akibat dari adanya penyakit menular (pandemi) salah satunya di sektor perbankan. Terkait hal tersebut, beberapa organisasi berupaya mengantisipasi dan beradaptasi terhadap beberapa sistem aktivitas bisnis yang perlu dikembangkan dan ditinjau ulang salah satunya adalah perlunyaa adaptasi dan perkembangan terhadap strategi manajemen sumber daya manusia perusahaan di sektor perbankan. Manajemen SDM bertujuan untuk mengelola dan mengontrol setiap individu perusahaan serta kebutuhan tertentu yang menjadi hak pegawai dari perusahaan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang peran kompensasi dan tunjangan bagi karyawan perusahaan di sektor perbankan dalam menghadapi penyakit menular di ruang lingkup kerja organisasi selama masa paska pandemi. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam artikel ini adalah metode penelitian kualitatif yakni melalui studi kepustakaan (Literature Review). Hasil yang didapat adalah peran kompensasi dan tunjangan dalam melindungi pegawai di sebuah organisasi pada sektor perbankan sangat penting dan memerlukan perkembangan mengikuti tantangan-tangan yang dunia hadapi.
KOMPENSASI PEGAWAI DI SAAT PANDEMI COVID-19 Hilda Hilda
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Virus corona atau Covid-19 menjadi salah satu virus yang sangat berdampak kepada seluruh negara di dunia terutama dalam bidang kesehatan dan ekonomi, virus yang pertama kali dilaporkan muncul di Wuhan pada akhir 2019 dan dikonfirmasi masuk ke indonesia pada bulan Maret 2020. (Junaedi & Salistia, 2020) Hampir seluruh negara yang terdampak Covid-19 mengalami kelumpuhan ekonomi yang berdampak pada seluruh rakyat negara - negara yang terdampak, ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang di mutasi, bahkan sampai ada yang di pecat, tetapi terdapat beberapa perusahaan yang sehat yang tetap memberikan kompensasi selama pandemi walaupun tidak sebanyak pada saat sebelum pandemi. (Abston, 2021) Pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian di dunia dengan sangat keras tak terkecuali indonesia juga terlibat, prediksi awal perekonomian dunia akan tumbuh sekitar 3% tetapi karena diterpa pandemi ini sangat bertolak belakang dengan prediksi tersebut, prediksi tersebut meleset karena pertumbuhan ekonomi pada saat pandemi mengalami penurunan sekitar 2.8%, selain ekonomi dunia yang menurun pasca pandemi,tak hanya secara makro di sisi mikro pun banyak perusahaan - perusahaan yang gulung tikar dan banyak para pekerja yang di PHK karena pandemi covid-19 ini. (Abston, 2021)
PENGARUH TRANSFER PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN DIMODERASI OLEH BUDAYA ORGANISASI (Revisit Stickiness Theory) Jean Richard Jokhu
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbedaan performa dari divisi dari suatu organisasi menyebabkan kurangnya rent yang didapat oleh suatu perusahaan, oleh karenanya perusahaan perlu melakukan transfer pengetahuan. Transfer pengetahuan sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan oleh organisasi guna meningkatka performa perusahaan yang memiliki heterogenitas performa. Tetapi proses transfer pengetahuan sendiri tidak boleh membatasi budaya organisasi yang telah berkembang dalam organisasi tersebut. Oleh karena itu proposal penelitian ini memberikan gambaran akan jenis budaya yang akan mempengaruhi proses transfer pengetahuan. Kesulitan perusahaan dalam mengelola pengetahuan berdampak pada kemampuannya untuk mengembangkan kualifikasi baru atau daya saing baru. Kelekatan (sticky) dalam transfer pengetahuan dapat memengaruhi kapasistas perusahaan untuk beradaptasi terhadap pengetahuan baru
KEPUTUSAN PERUSAHAAN DALAM MENETAPKAN KOMPENSASI DAN BENEFIT (STUDI KASUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA) Wijonarko
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajer harus membuat penilaian berdasarkan bukti yang terinformasi dengan baik tentang gaji dan tunjangan karyawan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan masing-masing pembaca, memungkinkan kompensasi pada perusahaan manufaktur dan benefit bagi para praktisi untuk membuat keputusan kompensasi dan benefit berdasarkan bukti terbaik. Dengan metode penelitian ilmiah, pengetahuan pribadi, data organisasi tertentu, dan perspektif pemangku kepentingan adalah empat sumber dasar bukti yang diakui oleh manajemen berbasis bukti sebagai bidang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengambilan keputusan semakin menghadapi masalah kompleks yang diciptakan oleh lingkungan yang bergejolak dan tak terduga. Dengan menggunakan semua bukti terbaik dan alat analisis yang tersedia, kemungkinan untuk memilih solusi kompensasi dan benefit dapat berjalan dengan maksimal.
Analysis of Marketing Performance Using Purchase Intention and Purchase Decision (Case of Electric Vehicles in China) XU LIU; Jean Richard Jokhu
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 2 No. 2 (2024): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Among the negative effects of modern society, global warming is a major problem. It is especially important for countries to realize that reducing greenhouse gas emissions through the transition to electric vehicles. Therefore, this study aims to analyze the factors that affect the purchase intention of electric vehicles. This study utilized quantitative research by SPSS to analyze multiple linearity and other analysis through the 252 questionnaires collected. The Chinese respondents in the study all met the screening criteria of having owned or driven an electric vehicle. It was found that among the four independent variables function value (FV), price (P), brand trust (BT), and attitude (A), only the variable price did not have a significant effect on the dependent variable purchase intention (PI). Consistent with previous research findings, purchase intention (PI) continues to have a positive effect on purchase decision (PD).
Implikasi Pengaduan Konsumen Di Media Sosial Bagi Perusahaan M, Mifta Farid; Dedi Rianto; wijonarko wijonarko; Hilda
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 2 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan menyadari banyak manfaat penanganan keluhan di media social. Perusahaan mendesak media sosial untuk memberikan tanggapan yang cepat dan rinci terhadap keluhan konsumen. Saat ini banyak perusahaan beralih ke platform media sosial untuk penanganan keluhan tersebut. Tujuan penelitian studi ini yaitu memberikan gambaran bahwa media sosial dapat menjadi wadah layanan aspirasi dan pengaduan online. Metode penelitian menggunakan dua data unik yaitu pendekatan deskriptif dan pendekatan kualitatif.. Hasil studi ini menunjukan bahwa strategi respon di media sosial memberikan tingkat tanggapan terperinci melalui berbagai pertukaran komunikasi. Sehingga dapat berdampak terhadap kualitas yang dirasakan dan nilai perusahaan, serta meningkatkan volume keluhan di masa depan.
PERAN HUMAS PT.BUKIT ASAM TBK UNIT DERMAGA KERTAPATI DALAM PUBLIKASI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM risky alfian; M.Mifta Farid
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 2 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran humas dalam mempublikasikan kegiatan CSR melalui media sosial instagram di PT.Bukit Asam Tbk. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara yang relevan kepada dua orang staf humas yang bertangung jawab atas dokumentasi kegiatan CSR yang kemudian di publikasikan di instargram PT.Bukit Asam Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas memiliki peran penting dalam mempublikasikan kegiatan CSR melalui media sosial Instagram. Humas bertanggung jawab untuk mengelola dan mengunggah konten yang berkaitan dengan kegiatan CSR , yang berupa foto dan video, serta menulis caption yang informatif dan menarik. Humas juga berperan dalam mempromosikan akun Instagram PT.Bukit Asam Tbk agar lebih banyak diikuti oleh masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya, Humas masih menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya dukungan dari pimpinan PT.Bukit Asam Tbk Unit Dermaga Kertapati. Selain itu, terdapat juga masalah dalam mengukur dampak dan efektivitas dari kegiatan publikasi melalui Instagram. Dalam hal ini, penelitian ini merekomendasikan agar meningkatkan dukungan terhadap Humas dalam hal sumber daya manusia dan peralatan yang diperlukan untuk mengelola akun Instagram dengan baik. PT.Bukit asam Tbk juga perlu menyediakan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan Humas dalam mengelola media sosial. Terakhir, PT.Bukit Asam Tbk harus mengevaluasi dan mengukur dampak publikasi melalui Instagram untuk menentukan efektivitas dari strategi media sosial mereka.
IMPLEMENTASI PROGRAM SERTIFIKASI TUNJANGAN GURU PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DALAM BINAAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALEMBANG Feni Huspita sari; Ade Uswatun Hasanah
Lentera Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 2 (2023): LENTERA JURNAL MANAJEMEN
Publisher : Lentera Ilmu Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Mengingat pentingnya profesi guru dalam bidang Pendidikan, diharapkan guru mendapatkan sertifikat pendidik yang akan meningkatkan kemampuan guru itu sendiri dan juga anak didiknya kelak. Pada Implementasi Program Sertifikasi guru PAI dalam binaan Kementerian Agama Kota Palembang,model Implementasi yang penulis gunakan yaitu Imlementasi Van Meter dan Van Horn (dalam Tachjan.1975:39-40) yang disebut sebagai A Model of the Policy Implementation Process. Model ini menjelaskan bahwa kinerja kebijakan dipengaruhi oleh beberapa variabel bebas yang saling berkaitan, variabel-variabel tersebut yaitu: (1) Standar dan sasaran kebijakan; (2) Sumberdaya (3) Karakteristik Organisasi (4) Komunikasi antar organisasi terkait dan kegiatan-kegiatan pelaksana (5) Sikap pelaksana (6) Lingkungan social, ekonomi dan politik. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu Implementasi Program Sertifikasi Guru PAI di Kota Palembang sudah cukup baik, dari segi standar dan sasaran kebijakan, karakteristik organisasi, komunikasi juga sudah cukup baik, hingga sikap para pelaksana sudah baik, namun yang masih perlu diperbaiki yaitu sumberdaya (dana) dan lingkungan yang mempengaruhi program sertifikasi guru PAI di Kota Palembang.