Sains Data Jurnal Studi Matematika dan Teknologi
Vol 3, No 1: January - June 2025

Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Gunung Kaler

Widianto, Fajar (Unknown)
Janita, Alfaiko (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam konteks pembelajaran matematika yang membahas masalah: (1) Bagaimana Penerapan Literasi Digital Terhadap Pembelajaran pada Kelas VIII SMPN 1 Gunung Kaler  (2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkannya Literasi Digital dalam Pembelajaran Kelas VIII SMPN 1 Gunung Kaler? Jenis penelitian yang digunakan adalah Action Reaseach berbasis kelas dengan menggunakan Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 Semester I Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  dokumentasi dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil siklus jumlah siswa yang lulus KKM 65 pada pembelajaran matematika adalah 15,38%, maka dilakukanlah siklus I dan mendapatkan hasil 38,46% meningkat 23%. Pada hasil siklus I dianggap tidak memuaskan dilakukan siklus ke II dengan jumlah kelulusan 84,61% meningkat 46,15% dari siklus I. Suasana pembelajaran menggunakan literasi digital membuat kondisi kelas menjadi lebih aktif dan efisien dalam kegiatan belajar. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran berbasis literasi digital  Reach Area dalam mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunung Kaler.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sainsdata

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering Mathematics Physics

Description

Sains Data Jurnal Studi Matematika dan Teknologi, published by the STAI Nurul Islam Mojokerto. Its a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of mathematics and technologies. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues ...