Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 1 (2025): Februari - April

Green Marketing Dan Kesediaan Membayar Lebih: Studi Empiris Pada Konsumen Milenial

Pradani, Rizki Febri Eka (Unknown)
Wati, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Peneliatan ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi kaum milenial terhadap penerapan Green marketing Indomaret di Kecamatan Paiton. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya kesadaran lingkungn di kalangan generasi milenial serta pentingnya peran pelaku ritel dalam mendukung lingkungan melalui strategi pemasaran hijau. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam terhadap informan konsumen kaum milenial yang berbelanja di indomaret kecamatan Paiton.. Hasil penelitian menejelaskan bahwa konsumen milenial memiliki kesadaran yang relatif tinggi terhadap isu-isu lingkungan serta memberikan respons positif terhadap upaya green marketing, seperti penggunaan produk berkelanjutan dan partisipasi dalam program donasi lingkungan. Meski demikian, masih ditemukan hambatan berupa kurangnya peran aktif dari karyawan serta strategi promosi yang belum mampu sepenuhnya menarik minat konsumen. Secara umum, persepsi milenial terhadap Green marketing mengarah positif, yang dapat dimanfaatkan oleh Indomaret sebagai peluang strategis untuk memperkuat pendekatan pemasaran yang lebih ramah lingkungan dan berpotensi pada keberlanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...