Tesis Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Kualitas Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Distrik Biak Kota Kabupaten BIak Numfor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat sebenarnya merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai pelayan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayana publik yang berdampak terhadap efektivitas pelayanan administrasi di kantor distrik biak kota. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan berdasarkan teori yang digunakan yakni pada aspek Tangible (Berwujud) yang merupakan bukti fisik sarana dan prasarana pada kantor distrik biak kota belum cukup memadai. Aspek Reliability (Kehandalan) kinerja pelayanan public oleh pegawai belum sesuai dengan harapan atau belum optimal. Aspek Responsiveness (Ketanggapan) pelayanan publik pada kantor distrik biak kota sudah sesuai dengan harapan Masyarakat. Aspek Assurance (Jaminan), jaminan kepastian waktu dalam pelayanan maupun kepastian biaya serta berhubungan dengan pelayanan yang pegawai lakukan sudah sesuai dengan prosedur. Aspek Empathy (Empati) sudah memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat hal ini yang diharapkan agar masyarakat merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah distrik biak kota.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025