Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Gamifikasi sebagai Strategi Engagement Pelanggan Cafe di Platform Digital

Jusman, Ikhsan Amar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mendorong pelaku usaha Cafe untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan, salah satunya melalui strategi gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pengaruh gamifikasi terhadap engagement pelanggan pada Cafe yang memanfaatkan platform digital di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan aktif di platform digital cafe. Analisis data dilakukan dengan regresi linier menggunakan software statistik IBM SPSS Statistics versi 29.Temuan penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap engagement pelanggan. Nilai koefisien regresi sebesar 0,589 dan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara penerapan elemen gamifikasi seperti sistem poin, tantangan, badge, dan leaderboard dengan peningkatan keterlibatan pelanggan. Hasil ini memberikan masukan praktis bagi pelaku bisnis Cafe untuk mengadopsi elemen gamifikasi dalam platform digital sebagai sarana memperkuat keterlibatan dan meningkatkan loyalitas pelanggan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...