Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Coorporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Sektor Barang Baku (Basic Materials)

Br Sembiring, Kezya Eferilla (Unknown)
Sianturi, Jeudi Agustina Taman Parulian (Unknown)
Sihite, Mislan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas dan ukursn perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan coorporate social responsibility sebagai variabel mediasi pada sektor barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah Stuctural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak WarpPls versi 8.0. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu perusahaan yang tergolong dalam perusahaan industri barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023 yang telah memenuhi kriteria   adalah sebanyak 51 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap CSR, CSR mampu memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan,dan Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...