Peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam proses memahami konsep matematika, salah satu faktor penyebabnya ialah kurangnya media pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran berlangsung. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang cocok untuk digunakan dalam proses mencapai pemahaman yang mendalam terhadap konsep matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning pada materi perbandingan senilai yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D) yang mengikuti model ADDIE. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara semi terstruktur, validasi media pembelajaran, serta penyebaran angket kepraktisan media pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian ini, diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran mencapai kriteria kelayakan dari segi isi pembelajaran sebesar 94% (sangat layak), dari segi desain pembelajaran sebesar 100% (sangat layak) dan dari segi media pembelajaran sebesar 92,72% (sangat layak). Disamping itu, guru menilai tingkat kepraktisan sebesar 94,6%. (sangat praktis) dan penilaian tingkat kepraktisan oleh peserta didik sebesar 86% (sangat praktis). Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran mudah digunakan, sesuai kebutuhan pembelajaran, dan mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik. Media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran dan berpotensi diterapkan lebih luas.
Copyrights © 2025