Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi ulama Muslim dalam pengembangan fiqh serta implementasinya dalam materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas 8 Madrasah Tsanawiyah (MTs) di MTsN 2 Probolinggo. Menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara dengan guru dan siswa, observasi proses pembelajaran, serta analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang tinggi terhadap materi fiqh ketika diajarkan dalam konteks sejarah, yang membuat mereka lebih terhubung dengan ajaran Islam. Metode pengajaran yang interaktif dan relevan, seperti penggunaan media pembelajaran dan diskusi kelompok, berkontribusi pada peningkatan pemahaman siswa. Namun, tantangan seperti kurangnya sumber daya referensi yang mendalam dan kesulitan siswa dalam mempertahankan fokus selama pembelajaran masih perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas materi ajar dan pelatihan bagi guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif. Dengan pemahaman yang mendalam tentang fiqh dan kontribusi ulama Muslim, diharapkan generasi muda dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
Copyrights © 2025