Generasi Z sedang ramai membicarakan mainan blind box Labubu, yang menjadi topik hangat di berbagai platform media sosial. Labubu sendiri adalah gantungan boneka berbulu dengan ciri khas senyum lebar, telinga panjang, dan gigi bergerigi. Popularitas blind box boneka Labubu sangat meningkat pesat, terutama dengan adanya strategi pemasaran yang viral melalui kolaborasi dengan seorang influencer terkenal yang berasal dari anggota grup band populer di negara Korea Selatan, yaitu Lisa Blackpink. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Influencer Marketing terhadap Minat Beli produk Blindbox Labubu pada generasi Z di Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deksriptif dan verifikatif dengan pengumpulan data primer diambil dengan kuisioner. Responden kuisinoner yang digunakan berjumlah 115 orang, yang dihitung menggunakan rumus Hair. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Menggunakan metode analisis data Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan teknik yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel Viral Marketing dan Influencer Marketing terhadap Minat Beli produk Blindbox Labubu pada generasi Z di Kabupaten Karawang terdapat pengaruh parsial dan simultan atau pengaruh yang signifikan terhadap minat beli blindbox labubu.
Copyrights © 2025