Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 3 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Kepemilikan Keluarga Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan Di Sektor Kebutuhan Makanan Primer Yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2019-2023

Steavyane Deasy Simalango (Universitas Advent Indonesia)
Joan Yuliana Hutapea (Universitas Advent Indonesia)
Harlyn L Siagian (Universitas Advent Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan keluarga dan ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan di sektor kebutuhan makanan primer yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Penggunaan pendekatan kuantitatif berbasis data sekunder dan juga teknik purposive sampling diterapkan dalam mengumpulkan sampel. Dari 132 Perusahaan yang terdaftar di BEI pada sector consumer non-cyclicals peneliti mengambil 13 perusahaan dan dari 13 sampel diperoleh 65 data keuangan untuk dianalisi. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan rumus-rumus yang sudah ditentukan dan menggunakan SPSS 25. Hasil analisis menyatakan bahwa kepemilikan keluarga secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan memiliki pengaruh secara parsial terhadap kinerja perusahaan, kemudian ketika diuji secara simultan didapati bahwa kepemilikan keluarga dan juga ukuran perusahaan memiliki pengaruh secara simultan terhadap kinerja perusahaan. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat 24.7% variasi pada variable dependen Kinerja perusahaan yang dapat dijelaskan oleh variabel independen Kepemilikan keluarga dan Ukuran perusahaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...