Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 4 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Kompetensi Barista Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Kopi Rukun Warga Kabupaten Karawang

Ariiq Firjatulloh (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Aji Tuhagana (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Zenita Apriani (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi barista dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Rukun Warga. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berkunjung dan membeli produk di Kopi Rukun Warga selama periode peneletian, dengan jumlah sampel 133 orang menggunakan rumus slovin dan penentuan sampel diambil menggunakan metode sampling random. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Barista Kopi Rukun Warga dengan nilai rata – rata skor 523 , pada rentang 451-557 yang menunjukan bahwa pengaruh kompetensi dalam kategori “Baik”, Kualitas pelayanan dengan nilai rata-rata skor 558, pada rentang 557-663 yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan dalam kategori “Sangat Baik”, Kepuasan pelanggan dengan rata-rata skor 545, pada rentang 451-557 yang menunjukan bahwa kepuasan pelanggan dalam kategori “Baik”, Kompetensi (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Kerja (Y) diperoleh signifikan sebesar 0,014 < 0,05 dan nilai t-hitung 2.491 > t-tabel 1.977, Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Kerja (Y) diperoleh signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 7.654 > t-tabel 1.977, Kompetensi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan, sementara nilai determinasi 0,403 atau 40,3% sedangkan nilai 0,597 atau 59,7% merupakan variabel faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...