Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi barista dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Rukun Warga. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berkunjung dan membeli produk di Kopi Rukun Warga selama periode peneletian, dengan jumlah sampel 133 orang menggunakan rumus slovin dan penentuan sampel diambil menggunakan metode sampling random. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Barista Kopi Rukun Warga dengan nilai rata – rata skor 523 , pada rentang 451-557 yang menunjukan bahwa pengaruh kompetensi dalam kategori “Baik”, Kualitas pelayanan dengan nilai rata-rata skor 558, pada rentang 557-663 yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan dalam kategori “Sangat Baik”, Kepuasan pelanggan dengan rata-rata skor 545, pada rentang 451-557 yang menunjukan bahwa kepuasan pelanggan dalam kategori “Baik”, Kompetensi (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Kerja (Y) diperoleh signifikan sebesar 0,014 < 0,05 dan nilai t-hitung 2.491 > t-tabel 1.977, Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Kerja (Y) diperoleh signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 7.654 > t-tabel 1.977, Kompetensi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan, sementara nilai determinasi 0,403 atau 40,3% sedangkan nilai 0,597 atau 59,7% merupakan variabel faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Copyrights © 2025