JIMEK
Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR

Fiqih Maria (Universitas Pelita Bangsa)
Erin Soleha (Universitas Pelita Bangsa)
Muhammad Kosim (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris motivasi belajar memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Data penelitian dalam penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner lalu diolah dan dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Sampel yang digunakan ialah 100 responden yang diambil dari populasi mahasiswa Manajemen Universitas Pelita Bangsa Tahun Semster II. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signfikan terhadap kemandirian belajar, motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dan variabel motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebagai variabel yang memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimek

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan (JIMEK), SSN: 2809-9893 online dan ISSN:2809-9427 cetak. Jurnal JIMEK diterbitkan Amik Veteran Porwokerto, terbit setahun Tiga kali (Maret, Juli dan November) menerapkan proses peer-review dalam memilih artikel berkualitas berdasarkan penelitian ...