Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 1 No. 2 (2021): Juli: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Keefektifan Media Pembelajaran Kartu Pintar Domino Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SD Negeri Sidareja 01

Santi Octavia (Unknown)
M. Ilham Rahmani Riyadi (Unknown)
Fitrian Prila Wardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kartu pintar domino terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas V pada materi pecahan di SD Negeri Sidareja 01. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Sidareja 01. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Sidareja 01 kelas VA dan VB yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t (t- test). Hasil penelitian ini diolah menggunakan SPSS dengan nilai uji t hitung pada hasil belajar 2,452 sedangkan t tabel pada taraf 0,05 menunjukkan angka sebesar 1,680. rahmanilham@stkipdarussalamcilacap.ac.id Sedangkan untuk motivasi belajar diperoleh uji t hitung 5,747 sedangkan t tabel pada taraf 0,05 menunjukkan angka sebesar 1,680. Maka hasil tersebut menyatakan bahwa media” kartu pintar domino” memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil dan motivasi belajar siswa, karena t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil tersebut maka untuk hipotesis yang diajukan media “kartu pintar domino” efektif terhadap hasil dan motivasi belajar kelas V pada materi pecahan di SD Negeri Sidareja 01 Tahun Pelajaran 2019/2020 diterima dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurdikbud

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Linguistik: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, analisis percakapan, analisis wacana kritis Sastra: sastra kontemporer, sastra komparatif, pendekatan interdisipliner dalam sastra, kritik sastra, sastra dan sejarah, sastra dan media, sastra dan seni lainnya, puisi ...