Al-Mu'tabar
Vol. 5 No. 01 (2025): Al-Mu'tabar

Andragogi Profetik: Telaah Konsep Pendidikan Orang Dewasa Perspektif Hadis

Vina Najariah (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Ernawati Erniwati (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Muhammad Alif (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Andragogi yang didefiniskan sebagai seni dan ilmu mengajar orang dewasa merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan kemandirian, pengalaman, kebutuhan, dan motivasi pembelajar dewasa. Dalam praktik pendidikan Islam, pendidik (guru) menjadi salah satu komponen utama dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut secara efektif. Perspektif hadis menunjukkan bahwa pembelajaran sepanjang hayat dan penghargaan terhadap pengalaman hidup merupakan bagian integral dari pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan orang dewasa berdasarkan hadis, serta menggali prinsip-prinsip andragogi yang dapat diterapkan dalam praktik pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi terhadap hadis-hadis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran orang dewasa dalam Islam mengutamakan pendekatan berbasis pengalaman, memenuhi kebutuhan aktual pembelajar, serta membangun motivasi internal untuk belajar. Selain itu, pentingnya kesabaran, penghargaan terhadap pengalaman, dan komunikasi efektif menjadi kunci keberhasilan dalam mendidik orang dewasa, yang cara berpikirnya berbeda dengan anak-anak. Studi ini mengembangkan konsep "andragogi profetik" sebagai model pendidikan transformatif berbasis nilai-nilai kenabian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

almutabar

Publisher

Subject

Religion

Description

alMutabar is the Jurnal of ilmu Hadith aims to encourage and promote the study of the Hadith from a wide range of scholarly perspectives. The Scope of the Journal is all related issues on the study of the Hadith, including Linguistic, Literary, and Thematic Perspectives of the Hadith Hadith ...