Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 12, No 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Sikap Peserta Didik Perspektif STIFIN di SMP Islam Ibnu Hajar Bogor

Akhmad Shunhaji (Magister Manajemen Pendidikan Islam, Institut PTIQ Jakarta)
Dinda Agnesia Al Amamu (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pola kepemimpinan kepala sekolah dalam memaksimalkan pembelajaran sikap peserta didik melalui perspektif STIFIn di SMP Islam Ibnu Hajar Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islam dan sikap positif pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada komunikasi efektif, pengembangan kompetensi guru, kurikulum yang inklusif, serta kolaborasi dengan pemangku kepentingan berperan penting dalam mengoptimalkan pembelajaran sikap siswa. Disarankan untuk memperkuat kemitraan dengan orang tua dan masyarakat serta meningkatkan evaluasi berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...