Latar belakang: Penggunaan gadget di kalangan remaja semakin luas dan memiliki berbagai pengaruh terhadap interaksi sosial, pola pikir, serta psikologis yang berdampak pada kestabilan emosi remaja, penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan emosi seperti kemarahan, kehilangan fokus belajar, terganggunya aktivitas sehari-hari atau bahkan kekhawatiran hingga depresi. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan gadget usage dengan Perkembangan Emosi anak usia Remaja Sekolah Menengah Pertama di Banda Aceh. Metode: Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan pendekatan deskriptif korelatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling yaitu 277 siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner Smartphone Addiction Scale-Short Version (SAS-SV) dan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). Analisis data menggunakan uji spearman correlation. Hasil: penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan emosional skala kesulitan dan skala kekuatan dengan nilai p-value (p<0,000) pada remaja Sekolah Menengah Pertama Banda Aceh. Penggunaan gadget pada remaja sebaiknya dibatasi dan perlu pengontrolan dari orang tua agar tidak menimbulkan dampak negatif serta mengarahkan anak agar dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.
Copyrights © 2025