Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa SMAdalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaankepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa siswa yang berkepribadian extrovert memilikipemahaman relasional pada saat membaca dan menggali masalah,sedangkan pada saat membuat rencana/strategi dalam memecahkanmasalah subjek memiliki pemahaman relasional, begitu pula saatmelaksanakan rencana untuk memecahkan masalah subjek extrovertmemiliki pemahaman relasional. Namun ketika melihat kembali danrefleksi hasil yang diperoleh subjek extrovert memiliki pemahamaninstrumental. Hasil deskripsi subjek introvert pada saat membaca danmenggali masalah, subjek introvert memiliki pemahaman relasional.Pada tahap membuat rencana/strategi untuk menyelesaikan masalahsubjek introvert memiliki pemahaman relasional. Pada tahapmelaksanakan rencana untuk menyelesaikan massalah subjek introvertmemiliki pemahaman relasioanal. Sedangkan pada tahap melihatkembali dan refleksi subjek introvert memiliki pemahaman relasional.
Copyrights © 2016