Penelitian ini mengkaji Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Melaksanakan Penguatan Sumber Daya Manusia di UPT SMAN 9 Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan proses penguatan sumber daya manusia serta penerapan hasil penguatan sumber daya manusia di UPT SMAN 9 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penguatan sumber daya manusia pada program sekolah penggerak terdiri dari tiga komponen utama yakni pelatihan yang terdiri dari pelatihan implementasi pembelajaran paradigma baru dan pelatihan kepemimpinan pembelajaran, selanjutnya ada pendampingan yang terdiri dari in house training, loka karya, komunitas belajar, dan coaching 1-on-1, kemudian terdapat implementasi teknologi yang terdiri dari literasi teknologi dan penggunaan platform pendidikan yakni platform merdeka mengajar dan raport pendidikan. (2) penerapan hasil dari penguatan sumber daya manusia di UPT SMAN 9 Makassar di terapkan melalui proses pembelajaran, penyusunan pembelajaran, visi-misi sekolah, pemahaman terkait CP (Capaian Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), modul ajar, asesmen, serta penyusunan modul proyek profil pelajar pancasila.
Copyrights © 2025