Masalah yang dikaji dalam PTK ini adalah Apakah hasil belajar (prestasibelajar) siswa kelas II SDN 1 Tatura pada pembelajaran penjumlahandan pengurangan bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)?Tujuan penelitian Untuk mengetahui dan menjelaskan peningkatanprestasi belajar siswa kelas II SDN 1 Tatura dalam pembelajaranpenjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang menerapkan modelpembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Untukmenjawab permasalahan di atas, maka dilakukan pengumpulan data denganmengikuti alur PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajarankooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkanhasil belajar (prestasi belajar) siswa baik ditinjau dari segi nilai rata-ratapersiklus maupun persentase ketuntasan klasikal. Nilai rata-rata pada siklus I74,18, pada siklus II berhasil ditingkatkan menjadi 84,07. Mengenaiketuntasan klasikal yang berhasil diperoleh pada siklus I mencapai 64,10%,pada siklus II berhasil dinaikkan menjadi 87,18%. Selain hasil belajar siswa,aktivitas siswa meningkat bila digunakan model pembelajaran kooperatiftipe Teams Games Tournament (TGT). Dapat disimpulkan modelpembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) padapembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Tatura.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016