APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2015): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI

Utomo, Fajar Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2015

Abstract

Masalah yang dikaji penelitian ini adalah proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah geometri. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan profil proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah geometri ditinjau dari perbedaan gaya belajar dan perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Al Hikmah Surabaya. Subjek penelitian ada enam, yaitu subjek visual laki-laki (VL), visual perempuan (VP), auditorial laki-laki (AL), auditorial perempuan (AP), kinestetik laki-laki (KL), dan kinestetik perempuan (KP). Instrumen penelitiannya menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berpikir subjek VL, VP, KL sangat baik, subjek AL kurang baik, subjek AP cukup baik, dan subjek KP baik dalam pemecahan masalah geometri.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...