Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 5 (2025): MEI 2025

STRATEGI BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Elissya Lusiana Putri (Unknown)
Nyimas Shela Oktaviana (Unknown)
Muhammad Iqbal Al Farizi (Unknown)
M. Ariel Ariansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2025

Abstract

Artikel ini membahas strategi bisnis Islam sebagai pendekatan etis dan religius dalam meningkatkan penjualan di tengah persaingan pasar modern. Dengan berlandaskan prinsip-prinsip syariah seperti tauhid, keadilan, kejujuran, amanah, serta larangan terhadap riba, gharar, dan maysir, strategi bisnis Islam tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial, tetapi juga mengedepankan keberkahan, keberlanjutan sosial, dan tanggung jawab moral. Penerapan strategi ini terbukti mampu membangun kepercayaan konsumen, meningkatkan loyalitas pelanggan, memperluas pasar halal, dan menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Perbandingan dengan strategi konvensional juga menunjukkan bahwa bisnis Islam lebih menekankan proses yang etis dalam mencapai hasil. Oleh karena itu, strategi bisnis Islam menjadi alternatif unggul yang relevan di era modern dan global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...