APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2016): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PROFIL PENALARAN DEDUKTIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER

Afandi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalarandeduktif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometriberdasarkan perbedaan gender. Penalaran deduktif pada penelitian inimengacu pada pernyataan umum, pernyataan khusus, dan melakukanpenarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa kelasVIII SMP. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberiantugas dan wawancara.Hasil penelitian, (1) profil penalaran deduktifsiswa laki-laki. Pada langkah merencanakan penyelesaian masalah;subjek dapat merumuskan pernyataan umum dengan menyebutkanpernyataan yang digunakan untuk menjawaban soal yang diberikan,subjek dapat merumuskan pernyataan khusus dengan menyebutkanpernyataan logis yang mengacu pada pernyataan umum berdasarkansoal yang diberikan, dan subjek dapat melakukan penarikan kesimpulandengan menetapkan strategi untuk menjawab soal yang diberikan. Padalangkah melaksanakan rencana penyelesaian masalah; subjek dapatmerumuskan pernyataan umum dengan menggunakan pernyataan yangdigunakan untuk menjawab soal yang diberikan. (2) profil penalarandeduktif siswa perempuan. Pada langkah merencanakan penyelesaianmasalah; subjek dapat merumuskan pernyataan umum denganmenyebutkan pernyataan yang digunakan untuk menjawaban soal yangdiberikan. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian masalah;subjek dapat merumuskan pernyataan umum dengan menggunakanpernyataan yang digunakan untuk menjawab soal yang diberikan,subjek tidak dapat merumuskan pernyataan khusus, dan subjek dalammelakukan penarikan kesimpulan tidak sesuai dengan strategi yangtelah ditetapkan pada langkah merencanakan penyelesaian masalah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...