Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan kurikulum sebagai upaya inovasi pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah literature review dengan mengidentifikasi berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku dan artikel ilmiah yang membahas perubahan kurikulum dari tahun 1947 hingga implementasi Kurikulum Merdeka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui inovasi pendidikan yang muncul akibat perubahan kurikulum tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kurikulum, mulai dari Kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka, memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda sesuai dengan tuntutan zamannya. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas lebih besar bagi sekolah dan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan abad ke-21. Simpulan penting dari penelitian ini adalah bahwa perubahan kurikulum di Indonesia merupakan inovasi pendidikan berkelanjutan yang mencerminkan upaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional dengan tetap mempertahankan jati diri bangsa serta menyesuaikan diri dengan perkembangan global.
Copyrights © 2025