Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Al Munawwarah Binjai, yang diduga disebabkan oleh kurangnya variasi metode dan media pembelajaran serta minimnya keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Problem Posing dan media gambar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel diambil secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Posing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan hasil yang lebih tinggi dibanding metode konvensional. Selain itu, media gambar juga memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa. Terdapat pula interaksi signifikan antara metode Problem Posing dan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi metode Problem Posing dengan media gambar dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih.
Copyrights © 2025