Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak yang ditimbulkan oleh pemakaian gadget terhadap proses pembelajaran siswa. Gadget adalah alat elektronik kecil dengan fungsi yang praktis dan spesifik, yang kini menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 15 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 3 Hamparan Perak sebagai subjek penelitian. Hasil analisis data yang diproses dengan SPSS menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara pemakaian gadget dan pembelajaran siswa, dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,866 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,750. Hasil uji F dan uji T menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa pemakaian gadget dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas belajar siswa, dengan syarat penggunaannya tepat dan terarah. Oleh karena itu, gadget bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam proses belajar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran siswa.
Copyrights © 2025