Matematika sebagai ilmu dasar, dewasa ini berkembang dengan amatpesat, baik materi maupun kegunaannya. Namun sampai saat inimasih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalahmata pelajaran yang sulit dipahami dan ditakuti siswa. Akibatnyanilai-nilai yang diperoleh siswa kurang dari 60%. Guru merasaprihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakansuatu model pembelajaran yang belum pernah dicobakan khususnya diSMAN 2 Bangkalan, yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw.Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Alat pengumpul data yangdigunakan adalah: (1). Lembar Tes,(2).Lembar observasi yangdiperoleh, dianalisis dengan cara mendeskripsikan setiap siklus,kemudian melakukan hasil perhitungan rata-rata hasil tes siklus I kesiklus II naik sebesar 38%, dari siklus I ke siklus III naik 53% dan darisiklus II ke siklus III naik 11%, selain itu didapat juga rata-ratapeningkatan skor secara kelompok sebesar 123.89. Dari hasilpenelitian ini disarankan bagi para guru untuk tetap dapat merancangpembelajaran di kelas yang bukan hanya sekedar mencapai targetmateri tetapi juga dapat mengembangkan ketrampilan ataukemampuan siswa.
Copyrights © 2016