Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikirmahasiswa dalam mengkontruksi bukti menggunakan induksimatematika berdasarkan teori pemrosesan informasi. Metodepengumpulan data dilakukan dengan metode think out aload yaitumemberikan masalah kepada mahasiswa untuk diselesaikan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa proses berpikir mahasiswa dalammengkonstruksi bukti berawal dari adanya informasi yang berupa soalpembuktian, selanjutnya dimasukkan ke dalam sensory registermelalui indra penglihatan dan pendengaran. Dalam short term memorysubjek penelitian konstruksi bukti menggunakan induksi matematikamulai di proses dengan melakukan retrieval terhadap konsep prinsipinduksi matematika. Proses retrieval berjalan lancar pada mahasiswayang tergolong dalam subjek kelompok atas. Pembuktian kebenarandengan induksi matematika terinterpretasi dengan benar, mulai daripembuktian kebenaran untuk n=1 sampai n=k+1. Berbeda dengansubjek kelompok menengah dan bawah. Asumsi kebenaran untuk nilain=k yang ditulis tidak dilibatkan dalam proses pembuktian kebenaranuntuk n=k+1. Proses engkoding yang terjadi berupa penguatanterhadap sejumlah konsep-konsep yang sudah diretriev dari memorijangka panjang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016