Pendidikan inklusif menjadi semakin penting dalam konteks pendidikan di Indonesia, terutama untuk mencapai kesetaraan bagi semua siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan sistem pembelajaran yang terbuka dan ramah bagi setiap individu tanpa pengecualian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendidikan inklusif di Indonesia, serta untuk mengidentifikasi tantangan dan strategi yang dapat digunakan oleh pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi literatur. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen terkait kebijakan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada kemajuan dalam penerapan pendidikan inklusif, masih terdapat tantangan signifikan yang dihadapi oleh pendidik, seperti kurangnya pelatihan dan sumber daya. Namun, dengan kolaborasi antara guru, institusi pendidikan, dan masyarakat, lingkungan belajar yang inklusif dapat tercipta, yang mendukung perkembangan semua siswa
Copyrights © 2025