JIK- JURNAL ILMU KESEHATAN
Vol 9, No 1 (2025): JIK-April Volume 9 Nomor 1 Tahun 2025

Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit

Yuliza, Wilda Tri (Unknown)
Gusrianti, Gusrianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Dinas Kesehatan Kota Padang menyebutkan bahwa beberapa rumah sakit di Kota Padang mengalami penurunan dan kenaikan jumlah kunjungan pasien rawat jalan setiap bulannya selama satu tahun terakhir. Salah satu penyebab ketidakstabilan jumlah kunjungan yaitu menurunnya loyalitas pasien. Seiring perkembangan era bisnis perumahsakitan dan banyaknya pesaing membuat rumah sakit mulai bergeliat untuk melakukan kegiatan pemasaran (marketing mix). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan marketing mix dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Padang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dimana pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan teknik wawancara kepada pasien rawat jalan yang berkunjung ke Rumah Sakit X Padang selama periode pengumpulan data (Juni 2024). Penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling dengan jumlah sampel 110 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian pasien rawat jalan memiliki nilai loyalitas rendah (56,6%), 36,4% pasien menyatakan product kurang baik, 34,5% menyatakan people kurang baik, 41,8% menyatakan promotion kurang baik, dan 28,2% menyatakan process kurang baik di Rumah Sakit X Kota Padang. Hasil uji statistik diketahui bahwa terdapat hubungan product (p= 0,007), people (p= 0,012), promotion (p= 0,016), dan process (p= 0,001) dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalkes

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Provides a form for original research and scholarship relevant to Ners, Midwife, Public Health and other health related ...