APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2015): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

BERPIKIR ALJABAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Warsitasari, Wahyu Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2015

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam mempelajari materi pelajaran aljabar, yang menurut NCTM aljabar sangat penting dan berguna untuk kehidupan mendatang seseorang. Tujuan penelitian mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa dalam pemecahan masalah matematika. Metode penelitiannya kualitatif-deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas VII SMPN I Trenggalek dengan instrumen pengumpulan datanya peneliti sendiri, tes, dan wawancara. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa siswa kemampuan matematika tinggi berpikir aljabar dalam setiap tahapan pemecahan masalah yang diberikan, sedangkan siswa kemampuan matematika sedang dan rendah tidak selalu berpikir aljabar dalam setiap tahapan pemecahan masalah. Pemenuhan indikator-indikator berpikir aljabar dalam pemecahan masalah menunjukkan bahwa dalam berpikir aljabar ketiga subjek penelitian (siswa) menggunakan empat proses berpikir: generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...