Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi antara guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan guru mata pelajaran dalam memberikan layanan bimbingan kepada siswa di SMAS Cerdas Murni. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas XI serta dua orang guru (guru BK dan guru mata pelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru BK dan guru mata pelajaran mencakup pertukaran informasi, perencanaan layanan bersama, serta koordinasi dalam menangani permasalahan siswa. Faktor pendukung kolaborasi meliputi komunikasi yang terbuka dan kepedulian terhadap kesejahteraan siswa, sedangkan hambatan utamanya adalah kurangnya pemahaman akan peran masing-masing guru dan keterbatasan waktu. Kolaborasi yang efektif terbukti memberikan dampak positif terhadap layanan bimbingan dan capaian belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan budaya kolaboratif di sekolah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan.
Copyrights © 2025