Pembelajaran grafik fungsi kuadrat seringkali dianggap sulit dan sekedar hafalan untuk siswa dikarenakan pemahamannya yang kurang terhadap materi ini. Menurut beberapa ahli, dalam mengajarkan pembelajaran grafik fungsi kuadrat sebaiknya siswa menganalisis hubungan koefisien a, b, dan c pada bentuk umum f(x) = ax2 + bx + c, a â 0 terhadap arah terbukanya grafik, persamaan sumbu simetri, nilai maksimum/minimum, koordinat titik puncak, koordinat titik potong sumbu x dan koordinat titik potong sumbu y.Oleh karena itu, penulis mengembangkan pembelajaran berbantuan winplot dengan model inkuiri untuk topik grafik fungsi kuadrat. Penggunaan software winplot dapat membantu siswa dalam melihat perubahan grafik fungsi kuadrat dalam satu tampilan layar. Pemilihan model inkuiri dikarenakan model pembelajaran ini dapat mendukung siswa dalam melakukan kegiatan meneliti dan menganalisis hubungan-hubungan koefisien dengan grafik fungsi kuadrat yang didapatkan.Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik, digunakan hasil modifikasi model 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Perangkat pembelajaran ini telah divalidasi oleh tiga validator dan direvisi berdasarkan saran dan masukan dari validator. Selain itu, perangkat pembelajaran ini telah diujicobakan kepada 28 siswa Kelas X pada bulan November 2013 di SMA Santa Maria Surabaya dan mendapatkan respon siswa yang positif, kemampuan guru efektif, serta hasil belajar valid dan reliabel. Sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan baik dengan hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (3) Kuis.Berdasarkan hasil penelitian, perangkat pembelajaran berbantuan winplot dengan model inkuiri untuk topik grafik fungsi kuadrat diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran dan disarankan kepada peneliti lainnya dengan penelitian sejenis agar dapat meminimalisir kelemahan penelitian.
Copyrights © 2015