Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa serta menawarkan solusi inovatif berupa kombinasi sistem penitipan gadget dan strategi pembelajaran aktif. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui angket kepada 15 siswa di SMA Methodist 7 Medan. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami penurunan konsentrasi akibat penggunaan gadget yang berlebihan, terutama untuk aktivitas non-akademik seperti media sosial dan permainan. Sebagai solusi, dikembangkan strategi ganda yaitu pembatasan penggunaan gadget melalui sistem locker dan peningkatan keterlibatan siswa melalui metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok dan proyek kolaboratif. Pendekatan ini terbukti efektif dalam mengurangi gangguan digital, meningkatkan fokus belajar, serta menumbuhkan disiplin dalam penggunaan gadget, yang pada akhirnya menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.
Copyrights © 2025