Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kurikulum dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dengan studi kasus yang dibahas di SD Negeri Puncak 2, Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan studi kasus sebagai dasar analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang efektif melibatkan tiga komponen utama: perencanaan partisipatif yang melibatkan guru dan orang tua, pelaksanaan pembelajaran berbasis kebutuhan siswa dengan pendekatan aktif dan kontekstual, serta evaluasi berkelanjutan melalui umpan balik dari berbagai pemangku kepentingan. Kendati masih dihadapkan pada keterbatasan sumber daya dan pelatihan guru, strategi ini berhasil meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru, pemanfaatan teknologi pendidikan, serta penerapan sistem evaluasi berbasis data sebagai langkah strategis dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan dasar.
Copyrights © 2025