Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 6 (2025): JUNI 2025

Strategi Manajemen Kurikulum untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan: (Studi Kasus di SD Negeri Puncak 2)

Agnes Vebiola Siregar (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan)
Deby Thesa Marpaung (Universitas Negeri Medan)
Secarina Agrecia Padang (Universitas Negeri Medan)
Yunita Mawar Sari Simbolon (Universitas Negeri Medan)
Maya Alemina Ketaren (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kurikulum dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dengan studi kasus yang dibahas di SD Negeri Puncak 2, Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan studi kasus sebagai dasar analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang efektif melibatkan tiga komponen utama: perencanaan partisipatif yang melibatkan guru dan orang tua, pelaksanaan pembelajaran berbasis kebutuhan siswa dengan pendekatan aktif dan kontekstual, serta evaluasi berkelanjutan melalui umpan balik dari berbagai pemangku kepentingan. Kendati masih dihadapkan pada keterbatasan sumber daya dan pelatihan guru, strategi ini berhasil meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru, pemanfaatan teknologi pendidikan, serta penerapan sistem evaluasi berbasis data sebagai langkah strategis dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...