Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025

PENGARUH APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (SD AN-NAJIYAH SURABAYA)

Amaliatus Sholikhah (Unknown)
Irma Soraya (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Media pembelajaran sangatlah diperlukan oleh guru dalam menunjang dan mendukung suatu pengajaran dalam pendidikan. Media merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam mengajar, selain menggunakan buku atau metode ceramah. Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya ialah aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategorikategori yang diberikan di dalamnya. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Tempat penelitian ini di SD An-Najiyah Surabaya Kelas VI B Tahun Pelajaran 2023/2024. Di Kelas VI B SD An-Najiyah Surabaya, dengan menggunakan Canva sebagai media pembelajaran terlihat jelas semangat belajar anak menjadi meningkat, anak bisa lebih fokus terhadap materi ajar sehingga hasil belajar menjadi meningkat hal ini terlihat dari nilai capaian siswa saat melakukan evaluasi akhir pembelajaran ternyata diatas rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah diterapkan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD An-Najiyah Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari Hasil tes menunjukkan adanya persentase ketuntasan hasil belajar, yaitu pada Siklus I 62,5% dan meningkat pada siklus II 87,5%. Dengan memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran siswa menjadi aktif, kreatif dan belajar menjadi menyenangkan, Ketrampilan menggunakan komputer dan teknologi informasi menjadi kebutuhan dalam mengembangkan diri guru dan pembelajarannya, pemanfaatan Canva meningkatkan motivasi belajar anak dan membangkitkan rasa ingin tahu tentang banyak hal, memberikan apresiasi dan inspirasi untuk dapat berkreasi sendiri bagi guru dan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...