Literasi sains merupakan suatu keharusan bagi setiap individu agar memiliki peluang lebih besar untuk beradaptasi dengan dinamika perkembangan zaman, kehidupan dan untuk meningkatkan pembangunan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran profil siswa kelas V SDIT BPMAA Kota Pekanbaru, (2) perbedaan kemampuan literasi sains siswa berdasarkan jenis kelamin, suku/etnis, pekerjaan orangtua laki-laki, pendidikan orangtua laki-laki dan umur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang yang diambil melalui teknik purposive sampling. Seluruh data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23 dan uji Two-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa memiliki kemampuan literasi sains yang tinggi rara-rata = 78,3; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi sains siswa berdasarkan jenis kelamin, suku/etnis, pekerjaan orangtua laki-laki, pendidikan orangtua laki-laki dan umur; (3) hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada tiap indikator dilihat dari nilai korelasinya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024