Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024.

PERAN GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Rosyad Abdul Hakim (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Ruli Astuti (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pai dalam mengimplementasikan di mensi imtaq dan gotong royong di sekolah dasar serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan di mensi imtaq bergotong royong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data di peroleh dari wawancara dan observasi. Peneliti melakukan penelitian di SDN Kebon Agung 1. Hasil dari penelitian ini adalah peran guru PAI dalam mengimplementasikan dimensi imtaq dan gotong royong di sekolah dasar adalah sebagai konselor,tauladan,kolaborator dan motivator. Faktor pendukung dari implemetasi profil Pelajar Pancasila meliputi sarana yang memadai, SDM guru, dukungan dari guru kelas dan guru mata pelajaran lainnya. Sedangkan factor penghambatnya adalah sikap siswa dan factor lingkungan yang tidak mendukung

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...