Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024.

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEBUMEN KABUPATEN KENDAL

Beta Amalia Zuliazani (Unknown)
Noor Miyono (Unknown)
Endang Wuryandini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Kemampuan literasi yang dimiliki oleh peserta didik memberikan dampak yang besar dalam mengolah informasi yang diperoleh melalui suatu teks bacaan. Peserta didik yang mempunyai kemampuan literasi, dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang luas untuk meningkatkan kecerdasannya dengan mampu mengakses dan memahami suatu bacaan. Penelitian ini membahas tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap guru yang berfokus pada penguatan literasi peserta didik melalui pengelolaan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi literasi di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 1 Kebumen Kabupaten Kendal. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Temuan penelitian (1) perencanaan supervisi literasi dikatakan sudah bagus karena dimulai dengan penyusunan program supervisi melalui identifikasi masalah melalui data rapor pendidikan dan hasil supervisi sebelumnya, yaitu penurunan aspek kemampuan literasi sehingga program supervisi berfokus pada pembelajaran literasi. (2) pelaksanaan supervisi literasi pada pembelajaran berfokus pada strategi pembelajaran, penilaian dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dan pemanfaatan media multimoda. (3) tindak lanjut supervisi literasi berupa pembinaan serta pelatihan mandiri dan kedinasan terkait penguatan literasi dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...