Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangakan bahan ajar IPAS berbasis kearifan lokal untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar IPAS berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Blekatuk, Pituruh, Purworejo dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 22 siswa. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data melalui angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan presentase dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan (1) bahan ajar IPAS berbasis kearifan lokal. (2) Kelayakan media bahan ajar diperoleh dari ahli media dengan presentase 91,07% dan ahli materi dengan presentase 98,33% dengan kategori sangat layak. (3) Hasil angket kepraktisan guru memperoleh presentase 92,87% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan siswa memperoleh presentase 93,18% dengan kategori sangat layak. (4) Kefektifan bahan ajar pada uji lapangan pada pretest memperoleh rata-rata presentase 62,27 meningkat pada rata-rata posttest menjadi 83,32, pada uji paired sampele t-test pada uji lapangan memperoleh nilai sig. (2-tailded) 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa bahan ajar IPAS berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024