Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04, Desember 2024.

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU TSAMROTUL FUAD PEMALANG

Burhanudin (Unknown)
Maryanto (Unknown)
Ghufron Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Fokus penelitian yaitu 1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan peningkatan mutu SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang, 2) mendeskripsikan dan menganalisis pengorganisasian peningkatan mutu SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang. 3) mendeskripsikan dan menganalisis penggerakan peningkatan mutu SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang. 4) mendeskripsikan dan menganalisis pengawasan peningkatan mutu SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, lokasi penelitian di SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi nonpartisipatif, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Analisis dengan cara: pengumpulan data, reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) peran kepala sekolah dalam perencanaan dilakukan dengan prosedur perencanaan meliputi identifikasi kebutuhan, program prioritas, dan sosialisasi program sekolah. 2) peran kepala sekolah dalam pengorganisasian dilakukan dengan prosedur pengorganisasian meliputi penentuan sumber daya sekolah, pengembangan sumber daya sekolah, penugasan dan pendelegasian wewenang. 3) peran kepala sekolah dalam penggerakkan dilakukan oleh kepala sekolah meliputi pengarahan kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah. 4) peran kepala sekolah dalam pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah meliputi penentuan instrumen penilaian, evaluasi kegiatan, dan tindak lanjut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...