Keterampilan membaca tidaklah diperoleh secara alamiah, tetapi didapatkan melalui proses belajar yang panjang. Banyak jenis-jenis keterampilan membaca, namun yang diajarkan pada siswa di sekolah dasar adalah membaca permulaan dan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman, dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca pemahaman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan sumber data penelitian adalah siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik; dengan teknik pengambilan data tes dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan prosentase keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik mencapai 68,5% atau 13 siswa yang mendapatkan kategori minimal baik. Sementara kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa antara lain: 1). kesulitan menyimpulkan isi teks bacaan, 2). Kesulitan memahami isi teks bacaan, dan 3). Kesulitan menemukan informasi penting pada teks bacaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik masih rendah, dan membutuhkan penerapan teknik-teknik membaca agar dapat meningkatkan efesiensi dan keterampilan membaca pemahaman.
Copyrights © 2024