Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024

ANALISIS KEBUTUHAN AWAL KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA SOCIETY 5.0

Budiantoro, Eko (Unknown)
Sukartiningsih, Wahyu (Unknown)
Hendratno (Unknown)
Istiq’faroh, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Keterampilan membaca tidaklah diperoleh secara alamiah, tetapi didapatkan melalui proses belajar yang panjang. Banyak jenis-jenis keterampilan membaca, namun yang diajarkan pada siswa di sekolah dasar adalah membaca permulaan dan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman, dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca pemahaman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan sumber data penelitian adalah siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik; dengan teknik pengambilan data tes dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan prosentase keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik mencapai 68,5% atau 13 siswa yang mendapatkan kategori minimal baik. Sementara kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa antara lain: 1). kesulitan menyimpulkan isi teks bacaan, 2). Kesulitan memahami isi teks bacaan, dan 3). Kesulitan menemukan informasi penting pada teks bacaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik masih rendah, dan membutuhkan penerapan teknik-teknik membaca agar dapat meningkatkan efesiensi dan keterampilan membaca pemahaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...