Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Anindita Paramastuti (Unknown)
Mety Toding Bua (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk melihat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 16 siswa Perempuan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus, dengan hasil penelitian keaktifan belajar terjadi peningkatan mulai dari pra siklus sebesar 22,2%, di siklus I 40,7%, dan di siklus II 77,8%. Kemudian, hasil belajar juga terlihat mengalami peningkatan. Pada pra siklus terdapat 8 (29,6%) siswa, pada siklus I terdapat 18 (66,6%) siswa, dan siklus II terdapat 22 (81,4%) siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar siswa kelas IV juga meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...