Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk melihat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 16 siswa Perempuan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus, dengan hasil penelitian keaktifan belajar terjadi peningkatan mulai dari pra siklus sebesar 22,2%, di siklus I 40,7%, dan di siklus II 77,8%. Kemudian, hasil belajar juga terlihat mengalami peningkatan. Pada pra siklus terdapat 8 (29,6%) siswa, pada siklus I terdapat 18 (66,6%) siswa, dan siklus II terdapat 22 (81,4%) siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar siswa kelas IV juga meningkat.
Copyrights © 2024