Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

PENINGKATAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR

Hadijah (Unknown)
Suyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana kegiatan menggambar membantu anak-anak usia lima hingga enam tahun meningkatkan kreativitas mereka. Kegiatan yang dipilih didasarkan pada kebutuhan dan karakteristik anak-anak pada usia ini, yang mana pada usia ini anak-anak ini masih dalam tahap bermain dan meniru. Penelitian ini sangat relevan dengan pendidikan anak usia dini karena penelitian ini mengkaji apakah program sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi menggambar membantu anak menjadi lebih kreatif. Studi ini berfokus pada metode untuk meningkatkan kreativitas anak. Proses penggalian data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ketiga teknik tersebut mengarahkan peneliti untuk bersentuhan secara langsung dengan fenomena yang ada di lapangan. Data yang telah dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru menggunakan strateginya untuk membiasakan anak dengan kegiatan tersebut. Karakteristik individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua anak didik berkembang sesuai harapan (BSH). Mengikuti kegiatan menggambar akan membangkitkan kepercayaan diri anak untuk menemukan cara dan polanya sendiri untuk menyelesaikan tugas menggambar. (1) Mengajak anak didik untuk belajar di luar kelas, (2) memberikan materi yang mudah dipahami oleh anak didik, dan (3) menerapkan tindakan pengawasan, bantuan, dan pendampingan adalah semua langkah yang diperlukan untuk mencapai pembiasaan. Selanjutnya, hasil belajar diukur melalui penilaian portofolio. Teknik ini dianggap dapat mengukur tingkat keberhasilan anak setiap hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...