Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

THE ROLE OF THE MERDEKA CURRICULUM IN IMPROVING THE QUALITY OF ISLAMIC LEARNING IN SCHOOLS

Nada, Alfa Syifa' Qothrun (Unknown)
Hidayat, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia, sehingga dalam beberapa dekade terakhir ini penelitian tentang Kurikulum Merdeka menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan, dimana objek kajian yang relevan diperoleh melalui data kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui berbagai informasi kepustakaan, seperti buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi, dimana data yang diperoleh diidentifikasi berdasarkan objektivitas dan sistematika, selanjutnya peneliti membuat kesimpulan dari data yang telah diidentifikasi. Peneliti melakukan analisis isi untuk memaparkan data dan menyimpulkan hasil analisis data yang diperoleh. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) konsep dasar Kurikulum Merdeka mengandung banyak makna yang mendalam; 2) rasionalisasi penerapan Kurikulum Merdeka tidak dapat dilepaskan dari sejarah tragedi besar Covid-19 sehingga kurikulum ini dirancang untuk memulihkan mutu pendidikan di Indonesia; 3) Kurikulum Merdeka berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran Islam di sekolah, meskipun peran yang diberikan oleh Kurikulum Merdeka belum memberikan dampak yang maksimal, namun Kurikulum Merdeka memberikan perannya secara perlahan dan berkesinambungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...