Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARLING (KESADARAN LINGKUNGAN) TERHADAP PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPAS SISWA SD

Muhammad Andri Hapni (Unknown)
Bukman Lian (Unknown)
Kiki Aryaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kebutuhan akan pendidikan selalu berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, budaya, dan masyarakat. Pendidikan masyarakat bertujuan untuk membentuk karakter dan peradaban bangsa yang cerdas, percaya, inovatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan pengembangan media digital berbasis flipbook pada mata Pelajaran IPAS materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi untuk siswa kelas 4 SD yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, analyze (analisis), design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian tentang penilaian ahli media dari segi aspek desain produk flipbook dan program media pembelajaran mendapatkan rata-rata 42 dengan presentase 84% (sangat valid), penilaian ahli materi dari segi aspek kurikulum dan materi mendapatkan rata-rata 44 dengan presentase 88% (sangat valid), penilaian ahli bahasa dari segi aspek kelayakan bahasa mendapatkan rata-rata 40 dengan presentase 80% (valid). Hasil penelitian angket respon siswa di peroleh rata-rata 43,10 dengan presentase 86,21% mendapatkan kreteria (sangat praktis) dan Hasil uji coba keefektifan media pembelajaran darling (kesadaran lingkungan) berbasis flipbook yang dilakukan melalui penyebaran soal latihan dengan responden siswa kelas IV A SD Negeri 25 Palembang. Berdasarkan hasil soal latihan siswa di peroleh total skor rata-rata 84,64 mendapatkan kreteria (sangat efektif). Kata Kunci : Pengembangan, Flipbook, Media pembelajaran, Kesadaran lingkungan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...