Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

IMPLEMENTASI MODEL MURDER MENGGUNAKAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS Ⅳ SD NEGERI 095/I OLAK

Siti, Siti Aminah (Unknown)
Syahrial, Syahrial (Unknown)
Desy, Desy Rosmalinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model MURDER menggunakan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 95/I Olak. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 95/I Olak, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model Taggart dan Kemmis yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian Siklus I Pertemuan I memperoleh persentase sebesar 43,48% dan pada Pertemuan II sebesar 53,90% yang mengalami peningkatan sebanyak 10,42%. Siklus II Pertemuan I memperoleh persentase 65,88% dan Pertemuan II sebesar 82,13% yang mengalami peningkatan sebanyak 16,25%. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 95/I Olak dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran MURDER.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...