Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024

PENERAPAN BIG BOOK TEKS SEDERHANA BERBASIS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 PASURUHAN BANJARNEGARA

Eva Septianingsih (Unknown)
Panca Dewi Purwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bigbook berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) dan keefektifan penerapan media pembelajaran big book terhadap keterampilan menulis permulaan pada materi teks sederhana siswa kelas II SDN 1 Pasuruhan Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mixed method penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, lembar observasi, dan hasil tes. Teknik analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tes dan data kualitatif diperoleh dari hasil lembar observasi. Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) terlaksana melalui lima tahapan yaitu orientasi, organisasi, pengenalan konsep, publikasi, dan penguatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bigbook teks sederhana berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis teks sederhana dengan nilai rata-rata pretest sebesar 58,56 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,63. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks sederhana mengalami peningkatan sebesar 18,07. Hal ini membuktikan bahwa penerapan bigbook teks sederhana berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks sederhana kelas II SDN 1 Pasuruhan Banjarnegara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...