Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bigbook berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) dan keefektifan penerapan media pembelajaran big book terhadap keterampilan menulis permulaan pada materi teks sederhana siswa kelas II SDN 1 Pasuruhan Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mixed method penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, lembar observasi, dan hasil tes. Teknik analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tes dan data kualitatif diperoleh dari hasil lembar observasi. Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) terlaksana melalui lima tahapan yaitu orientasi, organisasi, pengenalan konsep, publikasi, dan penguatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bigbook teks sederhana berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis teks sederhana dengan nilai rata-rata pretest sebesar 58,56 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,63. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks sederhana mengalami peningkatan sebesar 18,07. Hal ini membuktikan bahwa penerapan bigbook teks sederhana berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks sederhana kelas II SDN 1 Pasuruhan Banjarnegara.
Copyrights © 2024