Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA GURU, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK

Kholisatun Nafiah (Unknown)
Bunyamin (Unknown)
Ghufron Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Kinerja Guru di SD Negeri Se Kecamatan Sayung selama ini masih pada kategori kurang, sebagian guru kinerjanya masih tergolong rendah. Kinerja guru dipengaruh banyak faktor diantaranya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya kerja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan bulan Oktober-November 2024 di SD Negeri Dabin 1 Kecamatan Sayung. Populasi pada penelitian ini adalah semua guru PNS dan Non PNS di SD Negeri Dabin 1 Kecamatan Sayung yang berjumlah 155 guru. Dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, sampel penelitian ini sebesar 112 guru. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Analisis data meliputi uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Sig sebesar 0,000 < 0,05. 4) Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Sig sebesar 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...