Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

GAYA KEPEMIMPINAN LAISSEZ FAIRE DALAM DUNIA PENDIDIKAN

M Teguh Saefuddin (Unknown)
Suherman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Peran pemimpin tercermin saat seseorang mencoba mempengaruhi perilaku orang lain seperti yang mereka lihat. Dengan kata lain, pimpinan ini menggunakan gaya kepemimpinan mereka untuk mendorong bawahan untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai. Selain itu, dapat dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku dan strategi yang disukai untuk memimpin suatu organisasi. Penelitian ini adalah ulasan literatur, atau studi pustaka, yang bertujuan untuk mengevaluasi teori dan data empirik yang ada dan membuat ide baru berdasarkan hasilnya (Palmatier, Houston, & Hulland, 2018). Gaya kepemimpinan laissez-faire memberikan tim Anda kesempatan untuk turun tangan langsung dan belajar seiring berjalannya waktu karena memungkinkan anggota tim untuk lebih bebas, produktif, dan percaya diri untuk tetap memegang kendali atas pekerjaan mereka sendiri. Akan tetapi Kepemimpinan laissez-faire bergantung pada kemampuan setiap anggota tim, sehingga tidak efektif dalam situasi di mana anggota tim tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman yang diperlukan untuk membuat keputusan dan menyelesaikan tugas. Hal ini dapat menurunkan kinerja pekerjaan. Gaya kepemimpinan ini memiliki manfaat dan resikonya sendiri. Karena kekuatan yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok, kondisi dan situasi tertentu diperlukan untuk penerapan gaya kepemimpinan laissez-faire yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...