Efektivitas guru dalam proses pendidikan tercermin dalam hasil belajar siswa. Pembelajaran yang berhasil sering dievaluasi berdasarkan penyajian materi oleh guru. Meskipun demikian, pendidik terus menghadapi tantangan dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dalam pengajaran. Penelitian ini berusaha untuk menguji dampak model pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik berbasis game. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental yang menggunakan desain kelompok pre-test post-tes control. Populasi penelitian terdiri dari 45 siswa, yang dipilih dengan metode pengambilan sampel acak. Sampel penelitian terdiri dari kelompok eksperimen yang terdiri dari 23 siswa dan kelompok kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan pertanyaan tes. Hasil penelitian, yang diperoleh dari uji-t, menunjukkan thitung sebesar 19,893 dan ttabel sebesar 2,016. Perbandingan ini menunjukkan bahwa thitung lebi dari ttabel, menunjukkan dampak signifikan dari model pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik berbasis game terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar kelas lima. Game yang digunakan berupa permainan Kata Ludo yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik. Penelitian ini menyarankan penggunaan pendekatan pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik yang dibantu Permainan Kata Ludo untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024